Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Marhaban Ya Ramadhan 1428H

with one comment


puasaBulan Ramadhan tiba, saat umat muslim menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Mari ramadhan tahun ini kita laksanakan dengan penuh keikhlasan, kusyuk, dan kita isi dengan kegiatan yang dapat menambah pahala puasa. Semoga puasa kita diterima Allah SWT. Amin. Nih Jadwal puasa Ramadhan 1428 H untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya klik disini.

Tradisi Menyambut Ramadhan (Padusan, Ziarah)

Indonesia merupakan bangsa dengan keanekaragaman yang komplek, mungkin negara lain tidak ada memiliki. Keanekaragaman meliputi agama, sosial, budaya, tradisi dan masih banyak lagi. Salah satu lingkup keberanekaragaman adalah dalam menyambut datangnya bulan ramadhan. Tiap daerah punya tradisi dan cara menyambutnya.

Padusan di Klaten, Pikiran RakyatKalau di Jawa (Tengah), ada istilah padusan (dari kata adus atau mandi). Padusan biasanya dilakukan sehari sebelum bulan ramadhan. Makna dari padusan adalah membersihkan segala kotoran yang menempel di badan atau di jiwa kita, sehingga dalam berpuasa dalam keadaan bersih jasmani dan rohani. Banyak tempat orang melakukan padusan, bisa di kamar mandi rumah masing-masing, di kali /sungai, danau atau kolam renang modern dan biasanya dilakukan secara masal. Coba tengoklah tempat pemandian umum (baca: kolam renang) pasti penuh sehari sebelum puasa.

Yang paling umum dilakukan dalam menyambut datangnya bulan ramadhan adalah ziarah ke makam keluarga. Di banyak daerah ziarah ada yang diadakan secara bersama-sama dalam satu kampung/desa. Banyak istilah dipakai dalam tradisi ini sepertinyadran ruwahan atau nyadran (Jawa). Ritualnya biasanya, seluruh penduduk kampung/desa berame-rame membersihkan pemakaman, kemudian berdoa bersama dan makan bersama (ada yang di pemakaman atau di masjid). Tradisi tadi diadakan pada bulan Ruwah/Sya’ban (sebulan sebelum ramadhan). Di perkotaan lain lagi, ziarah biasa dilakukan minggu-minggu/hari-hari sebelum ramadhan.

Modal utama kita menyambut bulan ramadhan adalah iman, keikhlasan serta kesungguhan dalam menjaga kesucian bulan ramadhan dan yang pasti memperbanyak ibadah sunah seperti taraweh, tadarus, bersedekah dan zakat. Mohon maaf lahir bathin dan Selamat Berpuasa. Wasallam.

Written by antokoe™

5 September 2007 pada 18:01

Ditulis dalam ramadhan, tradisi

Satu Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. duh, selamat berpuasa dan mohon maaf

    anggara

    10 September 2007 at 12:36


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: