Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Hati-Hati Pencurian Data “Login”

leave a comment »


PaypalDemikian judul sebuah artikel bagian humaniora – portal harian Kompas Kamis, 14 Pebruari 2008. Lengkapnya diawali dengan “Kami saat ini sedang me-review akun Anda, dan kami mencurigai ada transaksi illegal menggunakan akun Anda. Proteksi akun Anda adalah prioritas kami… Untuk memastikan akun Anda tidak dibajak, mudah saja tekan tombol “Resolution Center” untuk mengorfirmasi anggota PayPal…”

Kalimat diatas adalah isi email yang diterima dan isinya sangat menyakinkan, bahwa email tersebut berasal dari PayPal. PayPal adalah tempat dimana uang digital kita disimpan. Jangan terkecoh dengan isi email diatas karena email tersebut adalah email sampah yang sengaja dikirimkan secara acak dengan tujuan untuk menipu. Bagaimana kalau kita mengikuti apa yang diperintahkan email tadi?. Jelas akan sangat merugikan karena apabila kita memasukkan username dan password PayPal kita secara otomatis data akun kita akan berpindah tangan dan uang kita akan berpindah kea kun lain dan jangan harap bisa kembali. Tapi….. kalau kita tidak mempunyai akun PayPal maka dapat kita acuhkan email diatas.

Kejahatan online seperti ini  yang sekarang menjadi tren dan modusnya akan semakin canggih dan halus. Sebenarnya dulu pernah terjadi di Indonesia yaitu dengan memanfaatkan kesalahan orang menuliskan alamat situs yaitu situs klikbca. Banyak orang akan berpikir seperti situs klikbca apa clikbca.com atau clickbca.com. Walaupun salah tetap akan muncul tampilkan mirip situs klikbca yang asli tapi palsu, dan bila kita memasukkan no.rekening dan pin maka orang dapat dengan leluasa menguras isi rekening kita. Tapi ternyata pencipta situs klikbca palsu masih “berbaik hati” sehingga tidak merugikan. Bagi BCA sendiri hal ini menjadi suatu peringatan betapa rentannya transaksi online.

Untuk menghindari kejahatan online sebenarnya tidak terlalu sulit, bila kita menggunakan email gratisan gunakan yang sudah mempunyai reputasi yang baik seperti Yahoo atau Gmail. Biasakan mempunyai akun email sesuai dengan kebutuhan misalnya khusus untuk masalah serius gunakan email khusus dan email ini jangan digunakan untuk yang lain. Gunakan browser yang mampu melindungi data kita dari kejahatan online, yang sudah teruji adalah Mozila FireFox. Pasang computer kita antivirus dan antispam. Dan yang paling penting lindungi akun anda dengan password yang memadai, jangan terlalu pendek atau mudah ditebak. Selamat ber-online ria.

Written by antokoe™

19 Februari 2008 pada 10:16

Ditulis dalam kejahatan

Tagged with

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: