Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Indonesia Heboh Ahmadiyah, Amerika Heboh Sekte Poligami

with 13 comments


Mirza Ghulam AhmadKontroversi keberadaan Jemaah Ahmadiyah di Indonesia bukan hanya hari ini. Menurut Wikipedia, keberadaan Ahmadiyah di Indonesia ada sejak tahun 1953 bahkan berbadan hukum resmi. Tapi dalam perkembangannya keberadaannya mengalami pasang surut, seiiring kontroversi ajarannya terutama pengakuan terhadap Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir seperti yang diimani oleh sebagian besar umat muslim. Sedangkan Ahmadiyah menganggap bahwa setelah Nabi Muhammad SAW ada nabi yaitu Mirza Ghulam Ahmad yang tidak lain adalah pendiri Ahmadiyah.

Tahun 2008, heboh tentang Ahmadiyah menjadi isu nasional seiring dengan dikeluarkannya rekomendasi dari Bakor Pakem Departemen Agama, tentang ajaran Ahmadiyah. Sebelumnya telah terjadi dialog, antara Ahmadiyah dengan Bakor Pakem dan dicapai kesepakatan bahwa pihak Ahmadiyah akan berubah (masalah biasa aja susah untuk berubah, apalagi menyangkut keyakinan). Setelah tenggat waktu 3 bulan, ternyata (katanya) Ahmadiyah belum berubah dan Bakor Pakem menyatakan bahwa Ahmadiyah sesat dan menyesatkan dan harus dilarang.

Larangan ini menjadi senjata ampuh bagi kelompok-kelompok Islam tertentu selama ini bergerak atas nama, bahwa ajaran ini sesat dan perlu dihilangkan untuk melakukan perbuatan anarkis.

aku muslim, tapi Islam tidak mengajarkan kekerasan, anarkis dan berbuat seenak sendiri, walau orang itu salah. dialog lebih bijaksana dan bermartabat, menghilangkan kesan bahwa Islam itu dekat dengan kekerasan…..

Memang sejak reformasi, kemunculan kelompok-kelompok dengan membawa atribut sosial, budaya dan keagamaan tumbuh subur dan terkadang kelompok-kelompok ini berbuat selayaknya polisi atau aparat. Hal ini terjadi mungkin karena ketidakberdayaan aparat dalam menyelesaikan masalah ini.

menurutku, jangan menganggap diri kita paling benar dan suci, karena kalau sudah seperti itu kita akan mulai membandingkan diri (kelompok) kita dengan orang (kelompok) lain. kalau sudah membandingkan tentu obyektifitas menjadi kabur, dan harus saya dong atau kelompok saya yang benar. balikin aja ke ATAS.

Gimana dong seharusnya?. Dialog secara cerdas dengan mengedepankan akal sehat bukan emosi dan pelajari masalahnya dari dua sisi/pihak disertai juga studi tentang sosial, budaya, kemasyarakatan dan kemanusiaan. Dan pemerintah harus lebih hati-hati dalam menangani masalah ini.

Amerika Heboh Sekte Poligami

Lain Indonesia, lain pula di Amerika. Sekarang disana lagi heboh dengan keberadaan Sekte Poligami atau dikenal dengan Yearn of Zion. Apaan nih,

The main temple in the YFZ RanchThe YFZ Ranch, also known as the Yearning for Zion Ranch, is a 1,700-acre (7 km²) compound just outside of Eldorado in Southwest Texas. It is owned by the Fundamentalist Church of Jesus Christ of Latter Day Saints. It is about 145 miles (233 km) southwest of Abilene and 4 miles (6 km) northeast of Eldorado, Texas. The Ranch was settled by members of the FLDS Church who left Hildale, Utah and Colorado City, Arizona under increasing scrutiny from the media, anti-polygamy activists and law enforcement officials. (Taken from wikipedia.org).

Di Indonesia, poligami, bukan masalah baru karena banyak yang sudah mempraktekkan dengan berbagai alasan mulai dari pejabat (walau diam-diam), ustadz sampai dengan tukang ojek. Terus di Amerika kok menjadi heboh, padahal Amerika adalah biang kerok liberalisme. Ternyata pasal yang dikenakan pada sekte ini adalah penyiksaan, pemerkosaan, pemaksaan gadis dibawah umur. Karena sekte ini perempuan yang sudah remaja wajib menikah dengan laki-laki yang lebih tua apalagi laki-laki ini mempunyai bibit unggul (anaknya banyak) walaupun menjadi istri yang kesekian. Aya-aya wae. Sebuah kondisi dari budaya klasik di tengah modernitas. Terakhir di Kompas, aku baca bahwa ada laki-laki punya istri 20 dan 100 anak (kayak peternakan).

satu istri aja belum, apalagi dua (dialog dari film Ayat-Ayat Cinta). poligami, sebuah kata yang mengandung banyak arti, pemahaman, kontroversi, persoalan dan ….. belajar adil, adil kata yang singkat tapi perlu banyak ilmu untuk mempraktekkannya.

Written by antokoe™

19 April 2008 pada 02:19

Ditulis dalam sosial

Tagged with ,

13 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. 🙂

    Landy

    20 April 2008 at 17:21

  2. gw juga heran

    kencoko

    21 April 2008 at 10:24

  3. Kalau Indonesia ada sekte poligami, kayaknya pesertanya banyak boz…

    indra1082

    22 April 2008 at 13:17

  4. termasuk elu ndra, inget tuh yg dirumah, jangan sekali-kali, mikir apalagi niat, he…he..

    antokoe

    22 April 2008 at 16:41

  5. oh my god!!

    elliza

    6 Mei 2008 at 15:27

  6. menolak bgt poligami…ga bgt tuch…

    julee

    2 September 2008 at 20:06

  7. setuju banget tuh dengan sekte poligami…..
    abisss enak seeeh?/?

    agus

    13 September 2008 at 12:43

  8. poligami? u pikir u sapa? cm Rasulullah manusia yang bisa adil…yang laen? PD bet..lo!

    dee

    21 November 2008 at 16:10

  9. Gue setuju banget ama Poligami. Tapi ama Sekte Poligami… Sory ya… Jijik!!!

    Jack

    24 Desember 2008 at 14:48

  10. CUMA RASULULLAH AJA YG BISA ADIL BERPOLIGAMI…..
    KLO AKU GAK MAU DI POLIGAMI. MENDING CERAI AJA!!!

    SRIKANDI PRINGGONDANI

    29 Januari 2009 at 21:01

    • Astaga mbak, kok kurang dalam banget alasannya mbak’e, kl cuman berlaku adil gampang banget mbak..,apalagi bagi org bermodal,, umpama mbak berada di zaman itu,kbetulan sirosul memperistri mbake’ ,supaya adil maukah mbaknya tidur kelon bertiga dg istri barunya bekas janda yg suaminya meninggal?

      Haryanto

      11 Januari 2014 at 18:15

  11. Adil bkan cm mdal bwat poligami….lyat n dngar hati istri,anak,n sodara klian,apakah mreka nampak bhagi dngan apa yg km lakukan….n tanya hati kecil km!!!!!!!!

    F.F.lukmantara

    1 April 2009 at 00:14

  12. Oh,begitu ya, yaampun..,syaratnya cuman alasan bisa adil..

    Haryanto

    11 Januari 2014 at 18:04


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: