Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

UAN, 3 Hari Untuk Selamanya.

with 7 comments


Tanggal 22 s.d 24 April 2008 adalah laga final bagi siswa SMA/SMK, apakah usahanya selama 3 tahun bisa diselesaikan dalam waktu 3 hari?. Ironis. Ya.. cukup ironis. Tapi itulah Indonesia. Entah tujuan dari UAN ini murni untuk membantu pemerintah dalam memetakan keberhasilannya mencerdaskan rakyatnya atau hanya sebuah proyek yang sebenarnya tidak perlu tapi bagaimana agar tetap ada proyek?. Proyek berarti uang. Dan…..

Aku yakin seyakin-yakinnya, di pemerintahan baru nanti (presiden baru, kalau presiden melek dunia pendidikan), Ujian Nasional (UAN) bisa lenyap, tapi bisa juga langgeng bahkan makin kokoh soalnya yaitu tadi PROYEK. UAN adalah tepat untuk situasi pendidikan masyarakat yang sudah mapan dan merata tapi untuk kondisi sekarang belum pas.

Menurutku UAN

  • Kurang menghargai pelajaran lain, selain mata pelajaran UAN, kecuali dari kelas satu s.d kelas tiga tidak usah belajar pelajaran lain selain mata pelajaran UAN.
  • Sangat lucu, usaha 3 tahun ditentukan dalam 3 hari. Apalagi hanya dengan 3 mata pelajaran (SMK) atau 6 pelajaran (SMA).
  • Terkesan dipaksakan.
  • Tingkat penguasaan mata pelajaran siswa sangat relatif tergantung kualitas sumber daya manusia (guru) dan sarana pendukung.
  • Menjadi beban psikologis bagi siswa dan pihak sekolah. Nasib siswa tergantung dari UAN apakah LULUS atau TIDAK. Sekolah menjadi pertaruhan besar terutama didepan orang tua/wali siswa.
  • PEMBOROSAN. Akan lebih bijak biaya proyek UAN untuk membangun sekolah yang rusak dan perbaikan mutu guru.
  • dan mungkin masih banyak lagi…

Yang lebih ironis lagi, aku adalah salah satu anggota Tim Pemantau Independen (TPI) UAN dan sudah (mau) 2 kali ini. Untuk pengalaman menjadi TPI UAN, nanti setelah selesai UAN akan aku tulis.

UAN o…la….la, UAN-ku sayang, UAN-ku …..

Written by antokoe™

21 April 2008 pada 23:47

Ditulis dalam pendidikan

Tagged with

7 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/pendidikan/uan_3_hari_untuk_selamanya_/

    kaito724

    22 April 2008 at 12:50

  2. Benar mas, UAN sangat tidak adil. Tolok ukur keberhasilan pendidikan cuma dilihat dari 6 pelajaran eksakta. Kalaupun ada sastra, sangat tidak seimbang. Padahal yang namanya keberhasilan harus dilihat dari 2 sisi yaitu keberhasilan otak kiri dan otak kanan. Salam kenal

    maskun

    24 April 2008 at 16:52

  3. Jaman Ebtanas, 7 mapel diujikan semua. Tapi tak jadi penentu kelulusan. Emang sih ada sim salabim oleh guru-guru tercinta. Itu fakta. Mafia tak hanya di parlemen, atau bisnis narkoba. Di sekolah juga ada. Jadi, aslinya pemerintah juga perlu nge-UAN-in guru-guru. Sekarang 6, dan kata pejabat diknas alasannya adalah transisi. Di mana transisinya? masih beradab ebtanas dong.

    Tapi, seru juga kalau tahun depan UAN membuat para pelajar makin PARANOID.

    Oom Nugy

    25 April 2008 at 09:28

  4. UN.
    dulu 3, duitnya dikit
    klo 6 kan duit buat ini itunya lebih banyak…
    lebih leluasa buat diko***siin😆

    cs_1912

    26 April 2008 at 15:42

  5. iy tuwh…bener bgt..
    kug kyakNa gag adil kerja keras kita belajar 3thn cuma d tentukan dalam waktu 3 hari…sia” dumz kerja keras kita selama niy…huf..

    ceLna

    2 Mei 2008 at 09:40

  6. eMANG negeri ini penuh dengan angkara
    mengakngkarakan uAn op kuwi aku yo ra dong

    ronny

    18 April 2009 at 20:35

  7. pasti banyak yang nyontek !
    yeadhi

    faris!

    2 Mei 2009 at 21:41


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: