Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Dia Bilang Punya Member Card Neraka

with 27 comments


Mendengar kalimat pada judul posting ini mungkin orang kaget atau nyengir, tergantung tingkat kewarasannya. Tapi kalimat itu aku dengar dari pengakuan temanku. Entah maksud dari kalimat itu.

Menurut pikiran warasku, maksud dari kalimat “punya member card neraka“, sebuah bentuk ungkapan dari ketidakpantasan dirinya dihadapan Tuhan-nya. Mungkin banyak perilakunya yang tidak disukai oleh Tuhan. Berani mengucapkan kalimat yang seseram itu tentu sebuah keberanian dalam mengungkapkan siapa dirinya sebenarnya. Atau mungkin juga, bentuk kekecewaan diri sendiri, sehingga dirinya tidak pantas dianggap sebagai makhluk Tuhan yang sempurna.

Kekecewaan terhadap diri sendiri berlebihan membuat temanku menjadi mengingkari siapa dirinya, yang sebenarnya dia sangat beruntung punya keluarga yang memperhatikan, berpendidikan tinggi dan berwawasan luas. Tapi itu semua buat temanku tidak pantas disandang dan dibanggakan. Yang terjadi adalah menganggap dirinya sudah tidak berharga. Mungkin tingkat harga dirinya sudah drop pada titik kritis. Aku sebagai teman sudah sering bilang, “janganlah terlalu kejam pada diri sendiri, masih banyak yang dilakukan untuk memulyakan diri dihadapan Tuhan, kamu pantas bahagia, kamu pantas mendapatkan yang terbaik, dan kamu dibutuhkan oleh orang lain”. Tapi jawaban yang aku peroleh, “biarlah aku seperti ini”.

Dalam urusan cinta, temanku lebih banyak buntung daripada untung. Berkali-kali dia disakiti secara materi dan psikis, tapi masih menerima kembali jika ‘temannya’ menemui lagi setelah pergi dengan meminta materi dan mengungkapkan kata-kata yang mengandung kotoran dan hewan. Aku tadinya heran tidak habis pikir dengan kondisi temanku. Tapi ternyata kunci pokoknya bahwa rasa tidak berharga dirinya dihadapan orang lain bahkan Tuhan-nya. Sangat berat.

Menganggap diri berharga dalam porsi yang pas, dihadapan orang dan Tuhan adalah sebentuk rasa syukur bahwa kita sebagai makhluk sosial perlu berbuat baik pada orang lain dan bertaqwa kepada-NYA.

Written by antokoe™

18 Juni 2008 pada 23:41

Ditulis dalam renungan

Tagged with , ,

27 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. salam buat teman itu…life is beautiful !!

    HILMAN

    19 Juni 2008 at 00:12

  2. Aku adalah bagaimana sangkaan umatKu
    jadi mungkin lebih baik jika ia mulai lebih bisa menghargai dirinya sendiri…
    *halah….ngomong apa saya ni

    wennyaulia

    19 Juni 2008 at 00:14

  3. @hilman : nanti tak sampein
    @wennyaulia : kamu ngomong bener, bukan nggerutu

    antokoe

    19 Juni 2008 at 01:21

  4. oala… Orang mah berebut tiket ke surga,,,
    ini malahan punya member card neraka. . . hiyyy, syerrreeemm,,,

    yah,,, semangat jalanin hidup,,mungkin itu kuncinya.
    Smangka !!! (enak dimakan ^_^)

    dhedhi

    19 Juni 2008 at 01:56

  5. Hm,., daripada punya membercard neraka..
    mending berusaha biar punya member card Surga…🙂

    galihyonk

    19 Juni 2008 at 07:12

  6. kalo punya membercard nya ada discount dimana aja??

    ulan

    19 Juni 2008 at 08:28

  7. Hmmm, tiap orang mempunyai bagian hidup yang berbeda2 mas..
    n smoga saja kita bisa memberikan manfaat bagi orang lain….

    azaxs

    19 Juni 2008 at 08:34

  8. Klo aku sih Member Card Surga ada ma Kunci Gemboknya
    Ayooo sapa yang mau
    *dikeplak rame2

    Gelandangan

    19 Juni 2008 at 09:02

  9. hemm hebat ya
    kenalin donk😀

    achoey sang khilaf

    19 Juni 2008 at 10:00

  10. Kalo memang gitu mending gak usah diperpanjang keanggotaannya.

    mukhdan

    19 Juni 2008 at 10:30

  11. surga atau neraka bukan urusan manusia🙂

    tukangobatbersahaja

    19 Juni 2008 at 10:30

  12. hmmmm kasihan juga

    zoel chaniago

    19 Juni 2008 at 11:00

  13. Salam
    duh sebegitunya ya, begitu fatalism nya memandang diri sendiri, kayaknya dia butuh orang2 yang selalu bisa memotivasinya setiap saat,.. semoga ada. Amin.

    nenyok

    19 Juni 2008 at 12:35

  14. Klo Member buat Neraka saya gak ikutan dech, Tapi klo ada yang buat di surga Saya mau………!!! Semua pasti akan kembali kepadaNya.

    Deni Ranau

    19 Juni 2008 at 14:05

  15. benar, mulailah lebih menghargai dan menyayangi diri sendiri..
    salam kenal mas..

    helidda

    19 Juni 2008 at 17:20

  16. member card neraka.. kayaknya gak ada yg mau deh.. . Ikhlas adalah kunci hidup u lbh tegar… percaya deh..

    kucingkeren

    19 Juni 2008 at 19:44

  17. Wah, dah putus asa tuh … ngeri!

    Donny Reza

    19 Juni 2008 at 21:58

  18. @dedhi : juga semangat nge-blog donk
    @galihyonk : idem dito
    @ulan : dimana aja, tempat yg enak2
    @azaxs: betul om
    @gelandangan : akhirnya ketemu jg member lainnya….
    @achoey sang khilaf : ntar mas
    @mukhdan : alias balik ke (laptop) ke TOP (atas=TUHAN)
    @tukangobatbersahaja : betul, ada MAHA JURI-nya
    @zoel chaniago : emank…
    @nenyok : besok dikerahkan 1000 motivator termasuk nenyok
    @Deni Ranau : akhirnya nge-blog juga Den
    @hellida : lam kenal kembali
    @kucingkeren : idem dito (lagi)
    @Donny Reza : sama Don, aku jg ngeri

    BTW thanks atas kunjungan en komennya. Sebenarnya si teman itu nulis juga di disini

    antokoe

    20 Juni 2008 at 00:14

  19. diliat dari postingan kayaknya temennya lagi frustasi kali. makanya dia kayak gitu.

    Pink

    20 Juni 2008 at 07:08

  20. member card neraka? hohoho… sesungguhnya bersama kesulitan, ada kemudahan… harus dikembalikan dulu semangat hidupnya..

    chic

    21 Juni 2008 at 00:25

  21. puas………………puas………………….puas……………………

    bluethunderheart

    21 Juni 2008 at 21:46

  22. salam deh buat temennya ya pak..
    hahaha

    by the way,,.
    blogmu udah aku link pak..

    lam kenal uy.

    nice blog.

    nana

    24 Juni 2008 at 10:37

  23. apa temennya ikut toriqoh gitu ya?? dalem banget itu.

    emyou

    24 Juni 2008 at 14:50

  24. Temen mas itu cewek pa cowok ya…
    Salam buat teman mas, skalian ajak aja ngeblog hehe…upsss

    Rita

    24 Juni 2008 at 21:37

  25. @pink : frustasi…., mungkin
    @chic : setuju
    @bluethunderheart : sangat puassssssssssssss
    @nana : tak sampein, wah tua banget dipanggil pak..
    @emyou : toriqoh?, dia orang sastra
    @rita : cowok, liat aja tulisannya disini

    antokoe

    25 Juni 2008 at 00:37

  26. saya ajah punya nomer teleponnya gak bangga…….
    salam kenal

    anggaara

    25 Juni 2008 at 13:25

  27. bilang pada teman anda untuk urusan cinta apakah ia serius tuk menjalani cinta tersebut atau hanya untuk main2 aja atau hanya tuk pemuas nafsu saja! kalau ia benar2 ingin mencari cinta dan ingin menjalani cinta. kejarlah dan carilah cinta itu dengan cara islam. jangan lupa tuk selalu berusaha dan berdoa dan ingatkan pada teman anda ini bahwasanya ALLAH itu maha adil, jodoh yang baik tuk yang baik dan yang buruk tuk yang buruk!

    putro

    27 Juli 2008 at 02:39


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: