Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Demo Mahasiswa Kok Rusuh

with 46 comments


Mobil Avanza digulingkan dan dibakar massa di depan Kampus Atma Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (24/6). Lihat demo mahasiswa tanggal 24 Juni 2008, jadi ingat kejadian 10 tahun yang lalu. Waktu telur reformasi pecah. Nekat, kacau, rusuh. Momen demo kali ini PAS.

PAS mahasiswa habis ujian, lumayan buat pelampiasan.

PAS punya momen, rekan mahasiswa (UNAS) meninggal dengan kontroversial dilihat dari penyebab kematiaannya (dipukuli polisi atau AIDS).

PAS wakil rakyat yang terhormat, menyetujui hak angket kenaikan BBM.

Dan yang paling banget adalah PAS mau pemilu. Saatnya berbagai pihak bermain api dengan bahan bakar pemilu yang tentunya lebih bagus mutunya daripada BBM bersubsidi yang sekarang mahal harganya atau BBM non subsidi dari SPBU impor.

Kok kalau demo (selalu) ending-nya rusuh?. Mungkin rusuh itu momen seru saat berdemo. Dan ingat demo juga momen paling seru para intruder menempel aksi mahasiswa dengan membawa agenda pesanan pihak tertentu. Aparat sekarang ini berpijak pada pijakan yang rapuh. Pijakan utama adalah protokol tentang cara mengatasi demonstrasi yang baik dan benar. Pijakan lainnya tekanan emosi, karena dipicu panas matahari, lapar & haus, ejekan dan celaan para demonstran, semuanya bisa kehilangan kontrol.

Respon lambat adalah salah satu ciri pemerintahan mas Bambang Yudhoyono. Kalau sudah ada tumbal, baru bereaksi. mas Bambang Yudhoyono itu orang baik dan biasanya orang baik susah menentukan pilihan atau mengambil keputusan. Tidak ragu cuma banyak pertimbangan. Masa sih…

Tapi sebuah kejadian harus ada yang bertanggung jawab atau kambing hitam-nya. Habis demo harus ada yang ditangkap. Siapa saja. Kejadian tanggal 24 Juni 2008, 2 anak SMP ditangkap dengan 14 demonstran lain. Anak SMP, pikirnya lumayan nih buat latihan tawuran dan melatih nyali hadapin aparat.

Masihkah berlanjut demo mahasiswa ini?. Kemungkinan terbesar masih, mengingat mahasiswa masih punya waktu panjang sampai akhir Agustus (libur semester) dan kalau aparat atau pemerintahan lamban merespon isu yang dituntut mahasiswa.

Kejadian seperti ini masih akan berlanjut, dengan rentetan kejadian yang di-blow up penuh oleh media sehingga ranah sosial politik Indonesia makin semarak menyambut pesta (politikus) rakyat 2009.

Sebelumnya heboh kenaikan BBM, insiden Monas, demo pembubaran Ahmadiyah dan FPI, insiden UNAS, penangkapan Muchdi PR terkait kasus Munir, kematian kontroversial Maftuh Fauzi dan demo rusuh di depan DPR dan Unika Atmajaya. Terus…..kita tunggu saja selanjutnya, masih banyak kok persediaan BBM pemilunya.

Written by antokoe™

25 Juni 2008 pada 00:26

Ditulis dalam pemilu, politik, sosial

Tagged with , , , , , ,

46 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. halah…mahasiswa juga harus dibilangin jangan pakai rusuh kalo demo. itu mobil kasian banget sampai bonyok. tapi ntar kalo dibilang begitu pasti ada yg jawab: “mahasiswa dikorbanin dijadiin kambing hitam…”

    (menghela napas) kita ini sudah payah, apa2 pakai teori konspirasi melulu, ndak taunya memang yg demo dan yg protes yg ndak bisa kontrol diri kayak yg di monas itu. POKOKNYA HAPUSKAN BUDAYA KEKERASAN OLEH SIAPA PUN & KELOMPOK APA PUN!

    Piss ah!

    nita

    25 Juni 2008 at 04:28

  2. sudah kehilangan akalkah mahasiswa? tidak sadarkah kerusakan yang ditimbulkan justru memperparah keadaan. aksi damai saja lah, atau bantu dunia pendidikan di pelosok. menurut saya itu lebih rasional.

    kishandono

    25 Juni 2008 at 06:18

  3. Ah.. pusing ngliat Indonesia isinya kayak gini terus….
    Pusing nih kerjaan banyak…hehehehee

    indra1082

    25 Juni 2008 at 06:35

  4. iya kenapa begitu ya?
    padahal mereka sekolah tapi kok kaya buas begitu
    kalo menurut saya demo yang anarkis bikin masalah sendiri,
    orang tua udah biayain kuliah mahal2 anaknya sok jagoan begitu
    stop kekerasan mari gerakan demo damai hehehe halah….

    yakhanu

    25 Juni 2008 at 06:47

  5. Kalo demo gak rusuh gak seru…
    kalo demo gak seru gak laku masuk media…
    kalo gak masuk media gak bisa menuntaskan misi konspirasi….

    teori yang aneh….?????

    balik kerja lagi ach….pusing……

    baideway…..orang yang dulunya aktivis kalo dah masuk dunia kerja apa masih sempet mikir gitu2 yach….

    mewindra

    25 Juni 2008 at 06:59

  6. Makanya Pemerintah dan orang yang katanya pinter (Maha) kalo makan ya diwarung tegal, pojok kampung, jadi tauk kalo warga Indonesia ini adalah warga yang paling adaptif, jadi tauk masih perlu demo gak, masih perlu ngoprek gak? Kenapa gak belajar yang pinter, terus jadi pejabat, bisa gak menangkal Korupsi, bisa gak matanya tetep hitam liat duit? bisa gak? jangan2 sami mawon…

    Iis sugianti

    25 Juni 2008 at 07:06

  7. Yang sudah terjadi biarlah terjadi,. BBM? gak mungkin lagi diturunkan, mau teriak ampe putus urat leherpun gak akan merubah apapun……Satu hal yang bisa dilakukan dari pada ribut dijalanan, PAsrah, serahkan semua kepada yg di Atas, anggap ini ujian, Tuhan tidak akan menguji manusia melebihi batas kemampuannya…Dari pada ribut diljalan, mending mengisi waktu libur ini dengan nyari duit atau apa saja yg dapat menhasilkan….

    Rita

    25 Juni 2008 at 07:09

  8. Hmm jadi inget waktu jadi pendemo dulu ma temen-temen hehe…
    cuma opini nech… sebenarnya tujuan mahasiswa turun ke jalan itu khan niatnya baik, menyampaikan aspirasi, tapi ada aza pihak-pihak tertentu yang ingin memprovokator kita. yach semoga buat para mahasiswa yang demo kemaren jangan sampe berbuat anarkis seperti itu lagi lah. sampaikan aspirasi dengan baik dan tunjukan bahwa kita sebagai seorang mahasiswa. dan bukan seorang preman!!!!

    nia

    25 Juni 2008 at 07:24

  9. Waduh-waduh mau bagaimana masa depan bangsa kita ini, kelihatannya bakal suram ( Madesur) soalnya pasti banyak ex Mahasiswa / lulusan akademika yang hanya AHLI DEMO, AHLI ANARKIS, PENGACAU, MALING DAN AHLI ADU DOMBA. Saat ini UNIV/PT bukannya meluluskan kader yang profesional untuk membangun negeri ini dan mereka hanya pebisnis berkepala ular. Coba Pemerintah dan aparat membuat gebrakan yang berarti KARUNGIN SAJA MAHASISWA-MAHASISWA yang cuma belajar/praktek Demo, bila perlu sekalian dengan KOMNAS HAM dan antekantek pengacau lainnya lelepin saja ke dasar laut dalam untuk makanan cumi dan rumpon ikan biar Negeri ini aman seperti dulu. ngaak usah debat kusir sama orang-orang yang mengaku pinter tapi keblinger. LIBAAASSS, libaas. HIDUP POLISI, HIDUP TNI DAN HIDUP PEMERINTAH.

    karyo

    25 Juni 2008 at 07:31

  10. Ingat-ingat-ingat wahai kawan-kawanku, sejak awal aku nggak percaya program yang di usung Reformasi Mahasiswa dengan Amin Raisnya. Buktinya sudah sepuluh tahun lebih Reformasi tapi malah hancur bangsa ini, nggak ada kemajuan yang ada hanya tai kucing. ternyata gerakan Reformasi hanya ide-idenya sekelompok Barisan Sakit hati yang memang sudah tumbuh dari dulu yang selalu bersekutu dengan syaiton. buktinya manaaa? yang 10 tahun lalu Demo mana sekarang karayamu?? Amin Rais mana janjimuuu, makanya jadi manusia harus pandai bersyukur LIN SYAKARTUM LAAZIDZANNAKUM WALAIN KAFARTUM INNA ‘ADZAABI LASYADIID. bersiap-siaplah kalian orang-orang kufur.

    Wildan

    25 Juni 2008 at 07:41

  11. Halah halah….saya bingung dengan para pendemo, sebenarnya mereka tau gak c yang di demoin itu apa? ???? BBM naik ya sudah sewajarnya, BBM dunia kan lagi melonjak tinggi.bukan cuma indonesia kok yang menaiikan BBM, negara lain jg banyak…..
    gak tau mereka itu bener2 ngerti apa kagak, mendingan suruh belajar ilmu ekonomi dulu yg bener deh…..
    hari gini masih buat RUSUH?????kasian deh lo……….
    udah buat demo,bikin macet jalan, gak punya Otak semua!!!! Mendingan IPK nya yang para pendemo itu tinggi..jangan2 nasakom semua….sok2-an supaya keliatan pinter….hue..hue…hue…
    Hidup PERDAMAIAN,………………..

    hadi

    25 Juni 2008 at 07:53

  12. Ternyata gak beda mahasiswa yang kuliah di universitas dengan yang di sekolah2 pemerintahan kayak STPDN atau STIP…….

    SAMA-SAMA MENGUSUNG KEKERASAN…..

    mau jadi pa bangsa ini kalo calon pemimpin dah anarkis,berkilah boleh saja bahwa demo anda ditunggangi tapi kok ya nelongso lihat anda yang katanya calon pemimpin mau aja di tunggangin……

    *nangis liat bangsa dewek…….*

    windra

    25 Juni 2008 at 09:57

  13. salam kenal bang anto.

    itu demo-demo rusuh udah emosional.

    harus ada ketegasan hukum dan pengayoman dari tokoh bangsa. kadang tokoh bangsa juga suka provokatif dalam berwacana.

    arifrahmanlubis

    25 Juni 2008 at 10:08

  14. dah tradisi kali ya rusuhhh

    zoel chaniago

    25 Juni 2008 at 10:51

  15. mungkin gak ya mahasiswa demo tanpa rusuh…
    kan bikin masyarakat gak simpatik lagi baik dengan pendemo maupun polisi

    btw, sempet liat siaran trans tipi kemaren, yg ada mhsw ditabrak mobil polisi ampe mental dan kemudian patah tulang?

    huhu…endonesaku..

    wennyaulia

    25 Juni 2008 at 10:58

  16. Ya begitulah mas anto

    Laporan

    25 Juni 2008 at 11:02

  17. memang harus ada ketegasan hukum di indonesia..bukan hanya para pendemo yang anarkis yang ditindak tegas..tapi juga para aparat yang brutal yang seenaknya menjadikan mahasiswa buat bulan-bulanan mereka (dihajar,dipukul,ditendang) ..gak manusiawi !! yang aneh lagi koq bisa salah tangkap anak SMP yang ga tau apa2 dan jadi bulan-bulanan sampai itu anak shok berat..nah kalo dah gitu emang aparat mau bertanggung jawab ?? mustinya pemerintah buka mata lebar2 melihat demo kemaren..cari jalan keluar yang terbaik supaya ga ada lagi kekerasan…!!

    essel

    25 Juni 2008 at 11:14

  18. yah udah lah mo bilang apa lagi negara ini kayk bom waktu aja. tinggal tunggu waktu buat meledak.dimana2 demo selalu rusuh.kenapa yah?apa jangan2 mahasiswa ntuh pengen bikin citra negara yang udah kaco balau ini jadi makin amburadul.harusnya mahasswa itu mampu menjadi ujung tombak pergerakan rakyat. bukan kaya gini.masa tiap demo ujung2nya rusuha.emanga sih mereka itu terpicu dengan kematian maftuh nyang mahasiswa unas itu tetap mahasiswa seharusnya lebih mampu untuk bersikap bijak.jangan bertindak berdasrakan amarah.dana untuk aparat kalaua emang benar2 menjalankan tugas harus lebih beradab jagn kayak orng barbar.

    husein

    25 Juni 2008 at 11:50

  19. BUNUH SAJA PARA PENDEMOOO, AYO BUNUUUH, SINGKIRKAN DARI DUNIA, JANGAN DIMANJA JANGAN DIBIARKAN MERAJA LELA NANTI MALAH TAMBAH KACAU. MAHASISWA EDAN, REKTORNYA EDAN, DOSENNYA EDAN, AYO TNI JANGAN HANYA NONTON CEPAT BERGERAK BANTU POLISI BIAR CEPAT BERES.

    PRATAMA YUDISTIRA

    25 Juni 2008 at 13:10

  20. Mahasiswa gombal

    Cekep

    25 Juni 2008 at 13:11

  21. Firman

    firman_use@yahoo.com

    25 Juni 2008 at 15:45

  22. apa ini ditunggangi ma kegiatan politis yah ?

    ario saja

    25 Juni 2008 at 16:25

  23. Sebenarnya demonstrasi adalah hal wajar dan akan menjadi runyam jika diwarnai aksi anarki seperti kmarin…
    Mungkin masyarakat sudah mulai bosan melihat demonstrasi yang berakhir dengan rusuh, tapi yang jelas tidak mungkin bara tanpa disulut.. begitu juga aksi anarki yang terjadi…

    Seharusnya smua harus saling bisa mengontrol diri dan emosi.. mungkin pantas kalo aksi seperti kmarin dihujat tapi pada dasarnya perjuangan mahasiswa juga untuk rakyat,

    Salam..

    azaxs

    25 Juni 2008 at 17:39

  24. Kalo kata budayawan entah-siap-namanya yang saya lihat di tipi, bahwak itu semua dikarenakan memang budaya kekerasan sudah merasuk ke segala lapisan. Oh iya, kekerasan dalam arti luas, sebab korupsi juga digolongkan sebagai kekerasana.

    dana

    25 Juni 2008 at 21:03

  25. Sekedar info:

    BBM sudah tembus 140 per barel. Masih mau diturunkan kah?😆

    dana

    25 Juni 2008 at 21:04

  26. jadi tergelitik harga 140 perbarel ada bisa yang jawab tuh bisa diturunkan enggak ya. BBM biar demo enggak berkelanjutan dengan anarkis…

    syahrizalpulungan

    25 Juni 2008 at 22:43

  27. Minyak hanya bisa diturunkan dari Kendaraan Tangki, mau cari yang murah ….. apa ya yang murah. embuhlah yang jelas mari kita meminta kemurahan dari Allah SWT.

    Amin

    26 Juni 2008 at 07:42

  28. Mahasiswa calon intelektual apa preman ya???? bingun juga nih aku. kalo demo mustinya juga ngasih solusi dong nggak hanya ngrusak fasilitas umum. Kendaraan yang di rusak dan dibakar kan juga dari uang rakyat juga, dengan dirusaknya kendaraan tsb berarti kan merugikan rakyat juga hiiiiiii Rusak Sudah Moral Generasi Penerus Bangsa ini.

    bintoro

    26 Juni 2008 at 07:57

  29. hah!!! itu yg ngelakuin mhs??? malu2in aja……mbok ya cari cara yg lebih intelek gitu…

    ven

    26 Juni 2008 at 10:17

  30. welgedewelbeh

    Kekerasan adalah kekerasan, dan apapun alasannya harus dihindari, tujuan yang baik harus di perjuangkan dengan cara yang baik dan benar. Kekerasan harus dihindari oleh seluruh rakyat Indonesia ga hanya oleh mahasiswa. Akhir-akhir ini, Memang mengerikan. Kekerasan bahkan didukung oleh ribuan orang di Indonesia. Ingat kasus Kekerasan yang dilakukan oleh FPI beberapa waktu yang lalu kan ???? Berapa banyak orang yang turun kejalan dan melakukan demo mendukung FPI dan tidak mau FPI di bubarkan. Inilah Indonesia sekarang bung…., mulut ikut prihatin dengan adanya fenomena ini.

    mulut

    26 Juni 2008 at 15:34

  31. Hidup mahasiswa
    Hidup rakyat miskin kota
    Hidup buruh
    kalo mahasiswa berbuat anarkis jangan salahkan mahasiswa donk,salah sendiri tidak mau mendengarkan aspirasi dari rakyat indonesia (mahasiswa),mahasiswa mendemo pemerintah kan itu semua tujjuannya hanya satu yaitu membela rakyat yang mulai dinaikkannya harga BBM membuat perekonomian rakyat indonesia semakin menjerit,
    harusnya pemerintah lebih mempertimbangkan lagi soal kenaikan BBM dan dampak2nya bagi rakyat indonesia sebagai contoh dg dinaikkannya BBM harga keb.pokok juga naik,biaya transportasi naik yg lebih parah lagi menurunkan expor indonesia ke berbagai negara yg jelas hal ini akan menurunkan devisa negara,
    emang dg naiknya BBM akan menutup devisit APBN tapi jgn rakyatnya yg jadi korban donk,kasihan yg penghasilannya tetap atau malah berkurang seiring naeknya BBM,
    negara ibarat tubuh manusia dan rakyatnya adalah sel-selnya
    yg jika sel-sel itu ancur maka ancur juga tubuh itu begitu juga sebuah negara jika rakyatnya tidak sejahtera buat apa ada sistem pemerintahan yg ada sekarang ini.
    buat pemerintah lebih dipikir lagi membuat kebijakan -kebijakan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan,
    salam pembebasan!!!

    BeBe

    26 Juni 2008 at 18:59

  32. Belakangan ini, media massa panen kata “anarkis”. Maklum, setelah pemerintah menyatakan akan menaikkan harga BBM, unjuk rasa terjadi di mana-mana dan beberapa di antaranya berakhir dengan bentrokan antara demonstran dan aparat keamanan. Dan, seperti biasa, koran-koran dan televisi pun memberitakan:
    http://ressay.wordpress.com/2008/06/26/memahami-anarkisme-untuk-wartawan/

    ressay

    26 Juni 2008 at 19:07

  33. […] semua laki-laki libidonya naik bila melihat cewek bugil, apalagi berpakaian lengkap. Namun, memang syetan itu […]

  34. Kalo dalam dunia bisnis media kan bad news is good news. Makanya kita banyak dikitari berita-berita serem gitu.

    Gak abis pikir apa maunya mereka yang ngakunya mahasiswa ituh. Katanya demo demi rakyat kok malah nyusahin rakyat.

    emyou

    27 Juni 2008 at 10:05

  35. saya sebenar nya setuju dengan aspirasi yang di sampai kan mahasiswa
    tapi ada satu hal yang tidak saya sukai ya itu anarkis nya,
    kenapa bangsa kita ini tidakbisa tertib yah.

    yudhi14

    27 Juni 2008 at 11:36

  36. Demo terus tetep aja BBM gak turun2…

    indra1082

    28 Juni 2008 at 09:41

  37. sebenernya mahasiswa itu menyampaikan aspirasi masyarakat atau aji mumpung n unjuk kebolehan sih? bukannya mahasiswa itu berpendidikan dan kudunya tau batasan demokrasi? huuuuh…

    fenny

    29 Juni 2008 at 16:59

  38. yahh, orang yg rusuh itu pada ga nyadar aja..
    demo kenaikan BBM aja pake bakar2,, bakar2 kan pake minyak… katanya nolak naek harga, tapi minyaknya dibuang2 buat hal yg ga penting.
    demo di tempat minuman keras, tapi minumannya pada diambilin diem2..
    nah, dengan rusuh2,, kan sekalian bisa maling2 tuh,. mencari kesempatan dalam kesempitan,
    demonya didenger juga enggak..
    niat baik pada diri sendiri dan negara..?
    **hadohh, ceilah..

    capek deh ngoceh2..

    nana

    29 Juni 2008 at 18:59

  39. lain kali perlu dikoordinasi team demo nya biar ga rusuh

    yellashakti

    29 Juni 2008 at 20:02

  40. kalo menurut saya sih….
    kenapa mahawiswa sampai bertindak anarkis karena mereka berfikir gak ada jalan lagi untuk menyampaikan aspirasi mereka karena kalo dilihat dari kenyataan yang terjadi mereka bosan dengan negosiasi dengan pemerintah kita selalu gak ada tangapan……

    so apa tetap mahasiswa yang harus dipersalahkan……….????
    but yang saya sayangkan mengapa harus jatuh korban khan trus mahasiswa yang korban bukan dipirkan tetapi malah disudutkan khan kasian……

    teruskan perjuanganmu kawan……….
    tunjukan bahwa mahasiswa itu bukan teroris tetapi mashasiswa itu adalah salah satu lidah rakyat dan aspirasi mahasiswa adalah amanat rakyat

    TUNDUK DITINDAS ATAU BANGKIT MELAWAN
    KARENA MUNDUR ADALAH PENGHIANAT.

    FEBRI

    30 Juni 2008 at 01:48

  41. jangan terprovokasi !!😦

    Menik

    30 Juni 2008 at 15:20

  42. namanya juga demo-crazy…
    ah, lupa… saya juga pernah jadi mahasiswa… jadi masih inget betul kayaq apa kritik kita ke pemerintah ndak ditanggapi…
    lantaran udah ndak kuat menahan diri demo capek2 dikacangin, ya ujung2nya pasti jadi anarkis lah…

    khofia

    30 Juni 2008 at 19:15

  43. Hanya ada satu kata… Lawannn !!!

    Abdee

    30 Juni 2008 at 19:20

  44. sy nda yakin mereka itu semua pure mahasiswa…
    masa kaum intelek seperti itu??
    pasti ada yg ngomporin deh😦

    theloebizz

    1 Juli 2008 at 21:44

  45. yang harus kita pikirkan adalah bagaimana untuk mengatasi semua permasalahnnya ini..
    tapi timbul lagi pertanyaan apakah kita siap untuk perubahan???

    hanggadamai

    1 Juli 2008 at 22:32

  46. yang rusuh pasti bukan mahasiswa beneran……..

    kucingkeren

    2 Juli 2008 at 18:40


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: