Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Susahnya Menjadi Blogger

with 17 comments


Sudah setahun lebih dikit kenal Nge-Blog. Pertama kali nge-blog gak ngerti mau nulis apa. Dasarnya memang kurang suka nulis, tapi kalau baca sedikit aja. Kata orang kalau mau bisa nulis harus suka baca dulu. Tapi disekolah sampai sekarang dituntut menjadi penghapal nomer wahid, bukan diajarin menelaah sesuatu dengan logika berpikir yang ada. Salah satu korbannya ya penulis blog ini.

Pertimbangan kok pengin jadi blogger walau modal bisa nulis gak ada adalah karena kurang suka yang nama chit-chat pake aplikasi messanger dan gak begitu suka pamer-pamer foto di situs pertemanan model friendster (maap para friendster mania). Tapi pernah coba bikin di friendster (mungkin masih aktif, sudah hampir setahun gak ditengok) terus ke myspace yang lebih dewasa dikit, juga gak jelas ujung-ujung pangkalnya. Terakhir coba kedasyatan situs jaringan sosial dengan Google Page Rank 9, Facebook. Lumayan menantang, banyak misteri yang belum keungkap dari kehebatan Facebook. Entah bagaimana kelanjutannya.

Pernah ngajarin teman bikin blog walau ilmu blog-nya masih cetek, tapi sekarang ini, detik ini si teman sudah menjadi ksatria blogger, sedangkan penulis blog ini masih abdi dalem blogger. Indikator ya jumlah pengunjung dan komentar setiap postingan.

Memang menjadi blogger butuh modal yang cukup. Bukan hanya pinter buat tulisan, tapi apa tulisan itu berguna buat para pengunjung blog atau hanya seperti blog tetangga. Belum lama ini penulis blog ini ngajarin teman bikin blog, karena menurut analisis sok taunya, si teman punya potensi yang penulis blog ini gak punya. Walau si teman hanya nulis dan nulis tanpa memikirkan kustomasi tampilan blog-nya, tapi sekarang blog si teman sudah punya fan tersendiri. Sampai fan-nya sudah mulai menggunakan rangkaian kata yang ditulis si teman (menurut pendapat si teman). Berapa banyak blog ini punya fan?.

Menulis blog dengan tema yang unik dan berguna bagi pembaca blog butuh sebuah kepakaran yang bisa di-share. Ada rumusan dari blog tetangga yang url-nya lupa, dalam satu minggu minimal 1 postingan khas yang merupakan solusi yang ditunggu para pembaca blog, sisanya bisa curhat, atau tema gado-gado. Atau 3 atau 4 postingan, 1 postingan khas sisanya postingan bebas.

Ada blog yang tagline-nya “blog fakir komentar” tapi para blogger menobatkan dirinya menjadi “seleb blog” tapi si punya blog, mas Hanggadamai merasa bukan seleb blog. Apa rumus yang dipakai mas Hanggadamai sehingga tiap postingan selalu kebanjiran komentar?.

Ada beberapa formula yang biasa digunakan blogger buat naikin trafik kunjungan blog, seperti nulis postingan yang sedang hot berdasar kejadian diluaran atau melihat di botd id.wordpress.com. Atau setiap menulis postingan baru, bersilaturahmi ke blog tetangga, dan tinggal komen walau hanya sepatah dua buah kata. Dijamin 75% si empu blog pasti balik kunjungi balik dan kasih komen. Ini yang biasa dipake oleh penulis blog ini dan para jamaah blogger yang haus kunjungan plus komentar.

Pernah penulis blog ini, buat postingan baru, dan tidak disambung silaturahmi ke blog tetangga. Setelah ditunggu sampai 3 hari cuma 1 atau 2 komentar. Tapi penulis blog ini berpikir positif buat menghibur diri, mungkin tema postingan lagi gak hot atau kategori atau tag kurang mengena sehingga om Google kurang akrab. Tapi disisi lain mungkin penulis blog ini memang tidak bisa nulis atau isi blog-nya seperti blog-blog lainnya.

Pikiran negatif dari penulis blog ini setelah menulis postingan ini: “Pasti postingan ini sudah pernah ditulis sama blogger lain, jadi gak ada  yang istimewa, gak perlu dikomentari!“.

(ngelus dada)

Written by antokoe™

3 Agustus 2008 pada 20:38

Ditulis dalam blogger

Tagged with

17 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. khusus soal komen saya mo ngomentarin:

    gak ada itung2annya dlm blog kalo blog yg katanya tulisannya dan isinya bagus bakalan rame pengunjung & komen. banyak blog yg isinya oke tapi sepi pengunjung. lebih banyak lagi blog yg isinya cuma kegiatan sehari2 yg amat sangat gak penting spt ‘makan apa hari ini’, ‘cowoknya ngapain hari ini’, dll….tapi yg kasih komen aujubilah banyaknya.

    cara konvesional masih cukup jitu utk memancing pengunjung dan komen masuk, yakni kita juga harus rajin berkunjung dan komen di blog orang. mau bukti? lihatlah blog saya….itu komen2 yg masuk apa dg sendirinya? nggak! itu semua komen krn saya pancing masuk dg cara saya rajin komen duluan.

    pengunjung yg ngeliat emang akan bilang ‘nih blog komennya lumayan banyak’. tapi apa krn memang blog saya disukai orang? belon tentu. komen2 yg masuk itu bisa jadi krn ‘balas budi’ dr blog lain akibat saya sudah memberi komentar duluan di blog mereka

    jadi gak ada cara lain kecuali harus rajin2 ngunjungin dan komen di blog2 lain, apalagi bagi blog yg belon populer. semangaaaat!!

    akur nit!, nulis dan nulis terus so pasti rajin silaturahmi ke blog tetangga

    nita

    3 Agustus 2008 at 20:57

  2. saya setuju dgn Nita,mas.
    teruslah menulis begitu pun bagi diriku.

    wah jadi tambah semangat, thanks mas

    langitjiwa

    3 Agustus 2008 at 21:55

  3. Haha, cuek aja lah mas, semakin dikejar yang namanya status keseleban, semakin bikin sakit hati. Mending nulis aja lah. Why So Serious? kaya joker :))

    memang sih, nothing to lose aja, pokoknya nulis yang baik dan benar

    Donny Reza

    3 Agustus 2008 at 23:01

  4. ahahahaha, kok blog mas hangga banyak dipostingan orang ya?
    bener2 seleb blog dia..

    positip tingking aja lah ya klo komennya dikit..
    *ngerasa*

    hiks..hiks..

    nana

    4 Agustus 2008 at 16:18

  5. tapi kan yg penting nulis.. ga peduli orang mau komen apa nggak.
    hehehehe
    terus menulis terus..

    nana

    4 Agustus 2008 at 16:21

  6. dibawa mudah aja mass

    zoel chaniago

    4 Agustus 2008 at 20:44

  7. sobat,ada apa dengan panas yang ada di otakmu?mengapa?

    sobatmu,
    langitjiwa

    langitjiwa

    4 Agustus 2008 at 21:30

  8. Ngeblog intinya kan nulis.
    Kalo lantas jadi seleb blog, ya itu resiko namanya. Hehe.
    Don’t u worry ’bout a thing.
    (Artinya apa ya?)

    kniapril

    4 Agustus 2008 at 21:38

  9. tulis tulis dan tulis….yang penting nulis trussss….:mrgreen:

    erickningrat

    7 Agustus 2008 at 15:12

  10. bener itu pak. kalo gwe sih nulis cuma wat curahin isi hati *halah*, jadi banyaknya ya kegiatan seharihari.

    smangat!!

    btw, met kenal..

    dyra

    11 Agustus 2008 at 08:45

  11. hahhaa.. emang agak susah sih jadi blogger….
    gampangnya sih, tulis aja apa yang dianggep perlu (perlu buat nge-junk, perlu buat menuh2in isi blog, perlu buat ngasal hehehe, ky saya ini ^_^)

    dhedhi

    13 Agustus 2008 at 14:43

  12. wah bisa bahan belajar kita neh…thanks ya

    kay_bow

    13 Agustus 2008 at 16:13

  13. bener..ternyata di dunia maya juga silaturahmi itu penting yaaaaaaa…🙂

    kucingkeren

    15 Agustus 2008 at 16:36

  14. Jangan pernah berhenti mas………….. keep the spirit…
    salam dari aceh

    Muda Bentara

    2 September 2008 at 14:34

  15. santai aja lagi. ngeblog itu yang penting funnn

    kw

    3 September 2008 at 03:02

  16. aku punya tips n trik PALING MUTAKHIR untuk membuat blog kita ramai pengunjung dan betah didalamnya….
    cara ini unik dan tidak akan anda temukan ditempat lain
    silahkan kunjungi http://bloglarismanis.wordpress.com

    dan temukan cara bagaimana anda bisa betah berada didalamnya…

    bloglarismanis

    27 Januari 2009 at 00:04

  17. salam kenal mas, menurut saya untuk menjadi seorang blogger yang baik itu blognya harus terorganisir artikelnya. usahain jangan jadi blog gado-gado kayak yg lainnya yg cuma pingin dapet banyak traffic dan juga template blog harus menarik. tentunya didukung dengan kualitas artikel yg baik. jangan lupa harus stay postive dan jangan gampang patah semangat, ya!

    sekalian kunjungin blog aku donk yg mengulas seputar trend2 fashion terkini, trend rambut, sepatu, tas, make up, dllnya di http://fashionista-guidetostyle.blogspot.com

    makasih

    Ratna

    12 Agustus 2009 at 16:47


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: