Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Sssst … Sudah 63 Tahun Kita Merdeka!

with 12 comments


Sudah menjadi tradisi semenjak reformasi kalau mau 17an, presiden kita pidato didepan anggota dewan yang terhormat, guna menyampaikan rencana anggaran belanja untuk tahun berikutnya. Untuk tahun ini ada kejutan yang sebenarnya bukan hal baru, bahwa anggaran pendidikan dipenuhi 20% seperti titah undang-undang.

Pemenuhan anggaran pendidikan 20%, dapat berarti banyak tergantung dari sisi mana melihatnya. Dari sisi para koruptor, ada 2 sub-sisi, sub-sisi pertama berarti banyak yang bisa disikat. Di sub-sisi lain, lahan untuk membuat proyek baru (seperti pengadaan buku) semakin sempit. Dan sisi yang paling populis dan riil adalah sebagai ajang kampanye presiden incumbent untuk mencalonkan lagi tahun depan. Ini yang ada di kepala para politikus.

Nah dua hari setelah mendengar obral janji-janji, baru masuk ritual tahunan yaitu 17an. Menurut kalender Masehi, 17an tahun ini jatuh hari Minggu dan ini adalah perayaan yang ke-63. Cukup tua. Perayaan tahun ini seperti masih tidak jauh dari ritual perayaan tahun-tahun sebelumnya. Tiap RT kolektif catut sumbangan buat bikin acara tingkat RT. Banyak yang tidak pernah olahraga, tiba-tiba ikut main bola atau badminton. Anak-anak ikut lomba reguler seperti biasa, semacam balap karung dan teman-temannya. Ibu-ibu tidak mau ketinggalan. Para pemuda-pemudi latah ikutan.

Harus disyukuri, ternyata sudah 63 tahun kita merdeka. Banyak yang sudah dapat dilakukan selama itu. Banyak yang sudah dicapai dan banyak pula yang belum tercapai, masih sebatas mimpi. Pembangunan fisik sudah banyak dilihat hasilnya. Pembangunan mental, sudah dilakukan dan masih berlangsung dan sampai kapan akan berlangsung. Sudah 63 tahun merdeka, tapi kebanggaan sebagai Indonesia  masih kalah kuat dengan pengaruh dan terjangan budaya asing. Menanyakan kembali ke-Indonesiaan adalah tugas kita.

Merdeka memang sudah. Tapi masih banyak rakyat belum bisa hidup layak. Pengangguran bertambah terus. Bebas kemiskinan dan tercipta reasa adil masih jauh dari realitas. Korupsi seperti penyakit kulit yang tidak sembuh-sembuh. Terus …, apa benar kita sudah merdeka????

Tau…lah…

Written by antokoe™

17 Agustus 2008 pada 00:47

Ditulis dalam renungan

Tagged with , ,

12 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Mas ikut lomba makan kerupuk ndak??

    dondanang

    17 Agustus 2008 at 09:50

  2. keduaa…

    klo negaranya merdeka udah dong..
    tapi masyarakatnya, manusianya belum merdeka
    hehehehe

    merdekaaa!!!

    nana

    17 Agustus 2008 at 20:42

  3. Yah, selama saya masih jadi karyawan, berarti belum merdeka :))

    Donny Reza

    17 Agustus 2008 at 22:48

  4. kemerdekaan utk rakyat kecil belum,hehehehe…

    langitjiwa

    18 Agustus 2008 at 22:05

  5. apalagi saya !!! saya belum merdeka soalnya masih ada utang REVISI ama belum bayar wisuda !!
    he he he he he

    goncecs

    18 Agustus 2008 at 23:30

  6. ya kita harus bersyukur coba kalo dulu pejuang2 kita ndak bergerak.
    kita skarang masih blm bs ngeblog:mrgreen:

    hanggadamai

    19 Agustus 2008 at 02:06

  7. beneran ya kita udh merdeka??:-/

    kucingkeren

    19 Agustus 2008 at 11:03

  8. knapa pake Sssssssssttt…

    nana

    19 Agustus 2008 at 18:05

  9. yang jelas panjat pinangnya ada kagak …
    ato balap karung yagn ada😀

    mastal

    19 Agustus 2008 at 18:11

  10. 63 tahun? masak sih?😛

    chic

    21 Agustus 2008 at 12:45

  11. MERDEKA
    Lahir Batin !!!

    indra1082

    28 Agustus 2008 at 09:48

  12. sebenarnya Indonesia ora tau merdeka…iya ora?

    pangeran

    28 Agustus 2008 at 17:02


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: