Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Heboh di Balik Pemuatan Komik Nabi Muhammad

with 11 comments


Astagfirullah. Ngelus dada. Setelah membaca berita tentang komik Nabi Muhammad di portal berita. Versi Indonesia lagi. Berani banget. Begitu kira-kira ungkapan yang mungkin pas buat nanggepin berita ini. Ini berita besar yang menggegerkan ranah blog khususnya WordPress karena disinilah sumber berita ini dipublish.

Menariknya lagi aku menemukan sebuah blog baru yang isi khusus membahas efek dari berita ini dan seperti tahu betul siapa yang berada di balik blog yang menghebohkan itu dan kebetulan sudah ditutup oleh WordPress. Aku gak mau nge-link karena itu sudah masuk BOTD berhari-hari. Hitsnya sudah lebih dari 13 ribu hanya dalam waktu seminggu (baru umur seminggu).  Setahun aku baru bisa dapat hits segitu selain itu juga gak mau memperpanjang masalah. Dalam blog itu di reposting isi blog yang sudah ditutup itu (tentunya dipilih yang tidak menyudutkan Nabi Muhammad) tentang latar belakang dan profil dari si penyebar komik itu. Jelas sekali bahwa si pembuat heboh itu mempunyai atitude yang aneh. Suka sekali dia mempertentangkan pihak satu dengan pihak yang lain demi sebuah popularitas untuk kepentingan blognya (baca:hits  kunjungan). Itu menurut artikel dalam blog yang mengutip isi blog yang sudah ditutup.

Tanggapan dari artikel itu menembus hampir 150, dan masuk BOTD. Sangat berhasil dalam menaikkan trafik blognya. Dan yang menarik dari sekian banyak tanggapan, ada yang beranggapan bahwa sebenarnya pemilik blog itu tidak lain adalah pemilik blog yang ditutup oleh WordPress yang kalau tidak salah ….dream.wordpress.com. Karena bisa me-reposting isi sebagian isi blog. Karena si pemilik blog yang ditutup juga terkenal mempunyai banyak blog dengan nama berbeda. Bahkan dalam posting itu juga diberikan identitas lengkap dari si pembuat heboh (entah benar dia atau bukan).

Sungguh sebuah tindakan yang memalukan jika seorang blogger demi popularitas blognya dengan sengaja menampilkan sesuatu yang sangat sensitif bagi umat Muslim, yang notabene dia sendiri Muslim (menurut artikel dia). Entah apa tujuannya. Kalau benar si penyebar komik itu seorang Muslim dan sebagian besar orang menganggap bahwa si penyebar komik adalah dari golongan non muslim, maka dengan sengaja dia mengadu dan mempertentangkan antar umat beragama. Sangat berbahaya.

Tapi berita ini menjadi kehebohan baru mengingatkan kita pada kehebohan sebelumnya seperti kasus lagu Geby, SMS merah, heboh Axis dan lain-lain. Apa makna dari kehebohan ini?. Yang jelas ini akan menyita waktu sejenak dan mengalihkan isu lainnya yang sebenarnya lebih penting daripada menanggapi ulah orang sakit jiwa. Aku mencoba tidak ikut terpancing, karena kalau terpancing berarti tujuan orang itu tercapai dan dia merasa puas.

Maaf tulisan ini hanya sekedar menanggapi tulisan dari blog lain dan tidak dengan sengaja memperpanjang masalah sensitif. Semoga maklum.

Written by antokoe™

24 November 2008 pada 02:52

Ditulis dalam internet, sosial

Tagged with , ,

11 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. BOS… ADA AWARD SATU LAGI, DITERIMA YA…

    indra1082

    26 November 2008 at 09:40

  2. inilah konsekuensi dari kemajuan teknologi, sekali menyebar maka begitu cepatnya tersebar, sehingga yang mau memblok selalu kalah cepat dari yang memblog … memang akhirnya ditutup tetapi istilahnya cianjur sukabumi, sudah terlanjur membumi ..
    biasanya di saat krisis, memang selalu saja ada yang memanasi situasi ….
    maksud hati kita tak ingin membiarkan , tetapi lagi lagi teknologi memang membuat lari kita kalah cepat…
    cuma satu aja yang bisa kita yakini ialah kebenaran tidak pernah memihak, kebenaran itu universal… bila sulit maka kita tak usah membela kebenaran karena kebenaranlah yang akan membela kita

    hery

    26 November 2008 at 10:09

  3. Aku setuju banget mas, kita tidak mudah dibuat bulan2an oleh sepembuat “heboh” tersebut….. makasih, gak akan…. aw..
    Perbuatan itu hanya untuk menaikkan trafik blognya??? wahhh akal yang sgt rapuhhh….pendek sekali cara perpikirnya, amat dipengaruhi oleh ketidak matangan mentalitas emosionalnya….

    Rita

    26 November 2008 at 19:48

  4. Tujuannya cuma satu tuh, memecah belah perdamaian antar agama. So stay calm or u’ll fall into his trap.

    Diki

    28 November 2008 at 02:22

  5. Salam kenal saya Michael Siregar di Amerika.
    Saya juga pernah menemukan tulisan saya di Copy Paste disalah satu Blog yang memuat sensasi murahan seperti itu Mas… itulah segi negativenya sebuah Blog… dituntut Tanggung jawab Moral dari kita para Blogger, agar tidak terpancing ikut menyebar bibit Permusuhan hanya demi rating dan peringkat yang murahan…

    michaelsiregar

    3 Desember 2008 at 18:01

  6. setuju dgn michael siregar….

    hariesaja

    5 Desember 2008 at 19:09

  7. Udah lama dengar ada komik ini, dimana ya kira-kira bisa melihatnya?

    FF82

    16 Desember 2008 at 11:44

  8. ia yah parah banget dah kalo cma pengen ningkatin trafik blog kan bisa dengan berita yang tidak menjelekkan umat muslim (Y)

    faris !

    22 Desember 2008 at 12:35

  9. kasian bgt tu blogger…
    menjelek2kan agama islam demi popularitas…
    kirim aja tu blogger straight to the hell…
    peace…

    reza

    2 Januari 2009 at 13:00

  10. Kurang ajar bgt sich tuh orng . . .
    Emng dya g pny moral yah !
    Ntar klo udh kna azabx bru taw rasa Lo…

    Takim

    8 Januari 2009 at 08:00

  11. peace ah….!!
    moga2 aja walaupun kita berbeda satu ama lain, tapi harus tetep damai…

    elly

    7 Februari 2009 at 23:32


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: