Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Obrolan Angkot

with 31 comments


Jam baru menunjukkan 08.30 waktu aku menginjakkan kaki di Terminal Leuwipanjang, Bandung. Setelah dari toliet, langsung aku cari bis Damri jurusan Leuwipanjang – Dago dan kebetulan bis baru berisi 3 orang, aku memilih tempat duduk paling belakang dengan pertimbangan aku gak mau lebih nyaman duduknya mengingat jok bis ini rapat kadang bikin sakit lututku. Tak berapa lama penumpang pada naik hampir memenuhi tempat duduk yang ada. Entah sudah berapa penjual asongan bergantian menawarkan dagangan, dan diselingi oleh pengamen serta peminta.

Bis mulai berjalan meninggalkan terminal. Walau masih pagi jalanan kota Bandung sudah mulai macet. Waktu turun di depan RS. Boromeus Dago, jam menunjukkan 09.20 yang berarti hampir satu jam perjalanan langsung aku menyetop angkot warna pink. Angkot kosong, hanya aku dan sopir. Setelah melewati depan lapangan Gasibu, terus melewati Jl. Surapati dan akhirnya aku turun di depan ITENAS, langsung aku nyebrang kemudian masuk ke gedung Kopertis, dimana aku punya urusan. Untuk menyelesaikan urusanku hanya butuh sekitar 15 menit.

Urusan selesai berarti tinggal cari makan. Seperti biasa aku makan di RM Ampera.  Urusan sudah, makan sudah, berarti tinggal pulang. Aku cegat angkot. Rupanya diangkot sedang terjadi obrolan seru. Ada 2 orang dan yang sedang diobrolin adalah masalah krisis Palestina – Israel. Kalau diperhatikan dua-duanya adalah mahasiswa.

Mahasiswa 1 : “Sep, masalah Palestina – Israel ini sebenernya masalah agama atau masalah politik ?”

Mahasiswa 2 : “Buatku itu gak begitu penting, yang jelas bangsa Palestina sudah dibantai dengan keji oleh kaum zionis. Banyak anak-anak dan perempuan yang jadi korban. “

Mahasiswa 1: “Ya, aku lihat gambar-gambarnya di internet semalam”.

Mahasiswa 2 : “Kemarin temenku, daftar jadi mujahid di Palestina dan sekarang lagi ikut latihan fisik di daerah Lembang.”

Mahasiswa 1 :  “Lho bukannya susah tuh masuk ke sana, orang bantuan aja masih ketahan di perbatasan. Terus lewat mana?”

Mahasiswa 2 : “Wah gak tahu tuh”

Mahasisnwa 1 : “Bukanya lu ikutan  solidaritas Palestina di kampus?. Sudah banyak dana yang terkumpul?”

Mahasiswa 2 : “Lumayan, rencananya ntar sampai tanggal 15″. Eh..ngomong-ngomong lu dah nyumbang belum?”

Mahasiswa 1 : “Udah kemarin.

Gak terasa angkot sudah sampai di perempatan Dago, dibawah jalan layang Pasteur – Surapati. Aku turun dan obrolan tadi seperti masih terus berlanjut.  Kebetulan bis Damri rute Dago – Leuwipanjang lewat, langsung aku naik dan duduk di deretan paling belakang. Setelah sholat Dhuhur di masjid dekat terminal, aku langsung menuju bis AKAP jurusan Kampung Rambutan tapi sebelumnya membeli sedikit oleh-oleh buat dirumah.

Malamnya kebetulan di tivi ada acara talkshow yang membahas krisis Palestina – Israel. Ada 4 narasumber, akademisi, pimpinan parpol Islam, wakil ormas Islam dan pengamat. Akademisi memberikan paparan dengan konteks ilmiah dengan menyampaikan analisis berdasarkan sejarah dan untuk menghentikan krisis Palestina – Israel, harus ada gencatan senjata, baru dibicarakan upaya perdamaian. Senada dengan akademisi, pengamat memaparkan secara obyektif mungkin latar permasalahan dan solusinya. Pimpinan parpol, hentikan dulu kekerasan/perang. Sedangkan wakil ormas dengan berapi-api bahwa untuk mengakhiri ini semua harus dengan cara kekerasan karena hanya itu yang dipahami oleh Israel. Dan mendesak pemerintah untuk mengirimkan pasukan ke sana.

Permasalahan ini ternyata sangat menyita perhatian dunia, berbagai upaya dilakukan untuk mengakhiri krisis ini. Dibutuhkan seorang perayu ulung untuk merayu keras kepalanya Israel. Semoga ini cepat selesai.

Written by antokoe™

10 Januari 2009 pada 02:23

Ditulis dalam kejahatan, politik

Tagged with , , ,

31 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. setuju dengan rencana gencatan senjata yang dianjurkan oleh PBB, namun kalo gak berhasil berarti harus dengan tidaknan yang lebih tegas lagi…

    Rita

    10 Januari 2009 at 13:19

  2. Masalah Palestina, masalah kita juga. Indonesia menjunjung hak segala bangsa. Termasuk hak kemerdekaan. Semoga Palestina bisa bebas dari kemelut berkepanjangan ini. Mari kita berdoa buat kemerdekaan rakyat Palestina…

    Farrel

    10 Januari 2009 at 13:33

  3. Yang jelas, Israel telah melakukan pelanggaran…

    Kebenaran akan yang akan menang.

    Ongki

    10 Januari 2009 at 13:58

  4. hmm, iya semalam aQ jg sempat nonton walopun g nyimak dgn serius bener2, solanya sambil ngenet jg..hehe…
    well, apapun itu bentuk, alasan, pendapat, dll, yang paling penting adalah bagaimana Qta berdoa yang terbaik selalu untuk Palestina, serta terus berusaha untuk membantu dlm bentuk apapun…🙂
    Allah pasti merahmati umatNya…amin

    sarahtidaksendiri

    10 Januari 2009 at 14:36

  5. kalau ingat INTENAS saya dulu pernah kuliah disana(jur: Elektro 92)
    kost tempat saya persis didepan ITENAS,perempatan lampu merah cikutra.hehe

    langitjiwa

    10 Januari 2009 at 14:58

  6. Saya sebenernya ingin agar perang ini segera berakhir dan manusia dapat hidup damai dimuka bumi ini….

    Namun, keadaan berkata lain….manusia2 seperti Israel nampaknya memang ingin membuat kerusuhan dan membuat kehidupan manusia jd tidak tentram dan damai lagi….

    Saya yakin, kalau Allah akan memberikan balasan yg setimpal atas apa yang telah mereka lakukan kepada rakyat Palestina…. Amin….

    Fahrisal Akbar

    10 Januari 2009 at 16:09

  7. masalah Palestina-Israel, hanya mereka berdua saja yang bisa menyelesaikannya, deal or no deal.
    ketika genderang perang ditabuh, yang harus diselamatkan : anak, ibu, dan orang sipil.

    sematkan PLUR di hati kita

    namakuananda

    10 Januari 2009 at 17:35

  8. selama ini yang kita ketahui Israel hanya mengenal bahasa kekerasan. bahkan ada yang menganalisis perang itu untuk mendongkrak popularitas tokoh-tokoh Israel yang sebentar lagi pemilu parlemen

    sunarnosahlan

    10 Januari 2009 at 17:53

  9. ya namanya org yg g punya iman,segala cara dia perbuat !

    mulyadii

    10 Januari 2009 at 20:31

  10. Saya jg bingung gmn orang2 yg ikut latihan itu bs masuk kesananya ntar, tp kalo saya pribadi sih bukannya gak mau ikut perang tp cinta damai, kekerasan lawan kekerasan sama saja dengan racun dilawan dg racun, bukannya menyembuhkan tp malah membuat smuanya jd tambah parah.

    djokerz

    11 Januari 2009 at 01:04

  11. Peace Mas….😀

    Fahrisal Akbar

    11 Januari 2009 at 04:49

  12. ora et labora….jangan taunya cuma teriak-teriak di jalan !!!!

    gusthy

    11 Januari 2009 at 08:42

  13. Mudah-2an perdamaian segera terwujud ya mas. Banyak anak-2 kecil tak tau apa-2 jadi korban.

    humorbendol

    11 Januari 2009 at 11:57

  14. Resolusi PBB di abaikan begitu saja… hmm… jadi siapa yang salah?? (walah?!)

    Salam Kenal…😉

    angga erlangga

    11 Januari 2009 at 16:11

  15. iyaa.. aku mpe bosen.. apa2 ttg palestina dan israel. ga ditipi, radio, palang2 dijalan, koran2, sampe blog2 jg bnyk yg ngebahas…
    mmmhhh

    ichaawe

    11 Januari 2009 at 20:35

  16. Please Save Palestine…

    riez1929

    12 Januari 2009 at 12:36

  17. visit here to gain support for palestine

    melandri

    12 Januari 2009 at 14:31

  18. Hi friend.. Nice post.. Visit my blog and post your comments.. I have added you to my blog roll.. Hope you too will do the same.. Take care… Keep in touch mate!!! http://starbozz.wordpress.com

    starbozz

    12 Januari 2009 at 20:41

  19. ndak gampang menyelesaikan masalah israel-palestina…

    ala

    13 Januari 2009 at 11:14

  20. sebenernya rakyat israel & palestina dah sama2 capek…tapi pimpinannya yg sama2 keras…

    afie

    13 Januari 2009 at 11:17

  21. Banyak orang ngomong, “perang dilawan perang nggak ada gunanya”, tapi semuanya tetep aja pada nggak bisa ngasih solusi yang smart buat menghentikan Israel selain perang…

    nanabrownies

    13 Januari 2009 at 18:59

  22. Iya, aq juga dengar obrolan di angkot itu. Lha wong aq yang nyetir kok.., hehehee..salam mas n selamat malam.

    Jiwakelana

    13 Januari 2009 at 23:58

  23. yang pada kena PHK pasti gak akan tertarik ngomongin Palestina……gimana kalo kita ngomongin nasib saudara kita sendiri

    boyin

    14 Januari 2009 at 01:53

  24. salam …

    saudarku marilah kuatkan Iman jagalah perdamaian

    kita dari jauh cuma bisa mendoakan semoga semua penderitaan bangsa palistina segera berakhir ..

    doelsoehono

    14 Januari 2009 at 09:21

  25. Palestina menyapa cinta
    Alhamdulillah makin banyak yg merasa

    Kebenaran tak mungkin dibohongi
    Semangat!

    achoey

    14 Januari 2009 at 20:40

  26. Saya gak tahu persis apa yang sebenarnya terjadi di sana…. hanya do’a yang bisa saya lakukan semoga dunia damai…. atau apa mungkin ini pertanda kiamat 2012????

    Jay

    15 Januari 2009 at 09:08

  27. iya tu setuju…..israel penjahat….patut di hukum.Kasihan korban2nya kan….btw pada mampir ke blog aku dong… di http://www.rheifania.wordpress.com thanks ya…..btw bentar lagi pemilu tu…milih SBY lagi ga….

    rheifania

    15 Januari 2009 at 16:39

  28. 2010 kiamat????bukannya dalam pelajaran agama dulu yang tau kapan kiamat tu cuma yang di Atas???ga usah dipercaya ah…yang penting kita rajin beramal aja dan beriman…ga usah takut klu waktunya dateng ga bisa dihindari juga kan….hahahahaha padahal aku juga takut….anakku masih 1tahun bo….klu 2010 baru 3tahun.kan lucu2-nya tu

    rheifania

    15 Januari 2009 at 16:42

  29. turut berduka cita untuk keadaan dunia saat ini..

    nanzzzcy

    16 Januari 2009 at 10:54

  30. jangan aja deh pake perang buat penyelesaian palestin-israel…

    kan belom tentu bisa selesai..
    kalo menurut saya sih kalo pake perang malah bisa nambahin korban dari pihak2 lain.. contohnya pihak sukarelawan..

    uongpening

    16 Januari 2009 at 21:07

  31. negara-negara arab disekitar sana saja nggak bisa berbuat banyak untuk menolong, karena cara berpikir mereka beda dengan bangsa-bangsa lain. Saat mereka sedang berunding tapi justru perang sedang berlangsung dan makin bertambah pula korbannya. Justru kata seorang teman bilang : “kalau mereka damai dunia akan kiamat” katanya, katanya, katanya dan katanya lagi …….

    giarto

    21 Januari 2009 at 08:59


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: