Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Hercules Jatuh Lagi

with 14 comments


Kecelakaan Hercules (kompas.com)

Hercules adalah mitos Yunani yang identik dengan kekuatan. Menurut film seri buatan hollywood dia adalah anak hasil selingkuhan dewa Zeus dengan perempuan manusia dan yang menjadi musuhnya adalah mama tirinya. Sosok yang kuat dan perkasa itulah digambarkan seorang Hercules. Mungkin pesawat angkut milik TNI AU yang dapat mengangkut pasukan yang banyak dan dapat membawa beban yang besar dinamakan Hercules.

Tapi Hercules ini ditahun 2009 sudah jatuh 2 kali dan karena kapasitasnya besar, korbannya juga “besar”. Entah kenapa kok jatuh lagi, padahal dia kuat dan besar. Tapi dia hanya sebuah barang yang butuh perawatan dan peremajaan. Sekarang mungkin muncul kesadaran baru bagi para pemimpin dan penentu keputusan negeri ini bahwa kebutuhan militer juga merupakan hal yang urgen. Rata-rata peralatan militer kita sudah tua dan perlu peremajaan, tapi katanya anggarannya selalu terganjal oleh para wakil rakyat di sebuah gedung di Senayan.

Setiap kejadian pasti menyisakan hikmah, dan cahaya hikmah ini semoga memancar ke hati para pemimpin dan pengambil keputusan negeri ini, bahwa perbaikan harus berjalan dan dilakukan karena jika mandeg maka bencana/kecelakaan terus menghantui penerbangan (militer) kita.  Bukan hanya saling tuding atau saling mengucapkan bela sungkawa kepada para korban tapi tindakan nyata. Dan kejadian ini jangan dijadikan komoditas politik menjelang perang bintang di tahun 2009 ini.

Semoga para korban jatuhnya pesawat Hercules C-130 di Magetan Jawa Timur dapat diterima disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan. Amin.

Written by antokoe™

22 Mei 2009 pada 00:58

Ditulis dalam KBM, tragedi

Tagged with ,

14 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. Indonesia Jadi Juara Kecelakaan pesawat?
    10 kecelakaan dalam 5 bulan terakhir. Semua ditahun 2009

    http://ekojuli.wordpress.com/2009/05/22/juara-kecelakaan-pesawat/

    ekojuli

    22 Mei 2009 at 12:59

  2. itu lah indonesia. yah, moga saja para korban di terima disisiNYA sesuai amal kebaikan.

    Wong Ndeso

    22 Mei 2009 at 14:11

  3. Aku dan sang presiden

    Kalau kelak aku beranjak dewasa, aku berci-cita menjadi presiden, tapi tidak ingin menjadi presiden yang peragu dan lamban mengambil keputusan, kalau di keritik oleh rakyat, memposisikan diri menjadi orang yang teraniaya.

    http://puangcahaya.dagdigdug.com/

    puang cahaya dewa

    22 Mei 2009 at 14:56

    • semoga presiden kita, presiden yang mengerti Indonesia dan tahu Indonesia harus dibawa kemana.

      antokoe

      22 Mei 2009 at 19:53

  4. Pak blog saya ko g ada di KBM y…. pdahal sudah saya daftarin…

    uwiegirl

    23 Mei 2009 at 03:04

  5. hhhhaaaaa….hhaaaaa,,,,,hhhaaaaa…
    maklum lah mas….
    nama nya juga pesawat dah 20 tahun….
    wajar aja klo dah waktu nya istirahat..
    tapi yang paling wat kita gak habis pikir,knapa bangsa kita selalu UNTUNG yaaaaaaa??????

    bhejho4060

    24 Mei 2009 at 11:42

  6. kutundukan kepalaku lantunkan do’a untuk mereka yang kembali ke pankuanNya

    hariez

    24 Mei 2009 at 21:40

  7. amiennn mudah2 ja para korman mendapatkan tempat yg layak disisinya ALLAH SWT.
    Dan para keluarga korban diberi kesabaran dan tapi janganlah terus menangisi para korban karna itu ga akan mengubah apapun…
    jadi berdo’a lah agar para korban tenang dan damai di sana….

    yulia

    25 Mei 2009 at 13:41

  8. maf salah ketik…maksudnya korban bukan korman…

    yulia

    25 Mei 2009 at 13:42

  9. kasihan prajuritku, gugur tidak di medan perang…sll saja nyawa tersia2kan di suatu kecerobohan manusia..

    guskar

    25 Mei 2009 at 13:52

  10. Salam
    Waduh indonesia banget, ribet klo sudah kejadian, tak ingin disalahkan dan semacamnya.
    Semoga mereka yang meninggal di terima disisi-Nya dan kejadian ini juga mampu meninggalkan hikmah besar buat kita. Amin

    nenyok

    25 Mei 2009 at 15:05

  11. padahal tuh pesawat didesain kuat bgt loh tp klo pas lengah pengecekannya akhirnya yahhh celaka deh, semoga dari tim pengecekan pesawat lain lebih teliti agar kecadian serupa tidak terulang lg

    tysar

    26 Mei 2009 at 16:54

  12. saya pernah membaca, bahwa sesungguhnya pesawat berumur berapapun sejatinya dia adalah baru, karena ada ‘buku sejarah’ yang harus selalu diikuti untuk masing2 pesawat. jadi, pada jam terbang tertentu *kalo di motor, kilometer kali ya ?*, pasti ada penggantian2 sparepart, walaupun masih terlihat bagus kondisinya. nah, itu bila diikuti dengan benar *dengan pantauan dari ‘dealer’ pesawat*, akan menghasilkan pesawat yang selalu prima.
    entah, kalo dalam kasus hercules ya…

    goenoeng

    28 Mei 2009 at 11:07

  13. Sebenarnya sdh banyak kejadian yang memang mendasari “harus atau urgent” mengganti alutsita pertahanan negara khususnya matra Udara. Tak terhitung sebenarnya selain daripada yang terberitakan kejadian kecelakan pesawat militer kita, masih terngiang kepergian rekan2 kami Robby (tempur) angktn 95, Andi, Sobiq Fanani (Heli superpuma) angkt96, Danu (hercls) angkt 96. Dan sederetan panjang lainnya….akankah loyalitas putra-bangsa indonesia ini yang membayar dengan nyawa berlanjut terus…..semoga hal ini benar2 sgr dapat merubah segalanya…….pengankatyan Panglima yang selayaknya bergantianpun nampaknya tdk lagi….sehariusnya tahun ini adalah giliran Matra Udara…..hal ini dimaksudkan demi peningkatan di masing2 matra mereka…..namun nampaknya politik telah mengalahkan segalanya……Ya Alloh mhn engkau tunjukkan kemurahanmu kepada rekan2 di TNI ini khususnya Angktn Udara ini….. amien

    van bedjo

    1 Juli 2015 at 06:58


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: