Mas Anto BLOG

catatan langkah pikiran™

Sekolah Gratis Tapi Kok Mahaaaul!

with 37 comments


Sekolah gratis? Dimana itu…?. Boleh juga kalau ada yang kasih tau dimana sekolah ‘gratis’. Jargon sekolah gratis adalah komoditas populer yang dilempar para politisi buat ngrayu pemilih pada pilkada. Maksud ‘gratis’ ini tidak begitu jelas, gratis 100% atau gratis tapi…… Kata tapi merupakan kata yang seharusnya ada setelah kata gratis. Kalau mau gratis yang tanpa syarat.

Di kotaku, sekarang SD dan SMP gratis biaya SPP (negeri). Itu salah satu janji dari walikota waktu kampanye dulu. Biaya SPP di Indonesia berapa sih? Tidak lebih dari Rp. 20.000. Memang menjadi gratis, tapi pihak sekolah cari cara bagaimana mendapat duit dari siswanya. Mulai dari harus ikut les, beli buku yang sebenarnya sudah disediakan gratis oleh pemerintah melalui ebook yang dapat diunduh gratis di internet dan macam-macam. Setiap semester tidak kurang dari Rp. 250.000 hanya untuk beli buku. Aku jadi inget waktu sekolah dulu, rasanya tidak pernah yang namanya harus beli buku, semua disediakan oleh sekolah dan tiap sekolah bukunya sama. Sekarang tiap sekolah bukunya berbeda tergantung kepala sekolah kerjasama dengan penerbit mana?.

Kapan Indonesia menjadi pintar?. Kapan anak sekolah di Indonesia dituntut untuk menjadi perhapal terbaik, buka menjadi seorang analis yang pintar?. Rasanya mimpi kalau sekolah itu gratis. Mungkin tidak perlu jargon ‘sekolah gratis’ dijadikan komoditas kampanye. Sudah ah ….. mau ke sekolah bayar buku dulu.

Written by antokoe™

15 Juli 2008 pada 09:43

Ditulis dalam pendidikan

Tagged with , , ,

37 Tanggapan

Subscribe to comments with RSS.

  1. yah sama aja donk kalo gitu, enggak jadi gratis

    ulan

    15 Juli 2008 at 11:17

  2. RAHASIA UMUM…
    Hare..Gene Gratis……
    Sekolah Negri aja kayak gitu.. gimana Swasta ya?? hi…Sereeeem…….

    indra1082

    15 Juli 2008 at 15:21

  3. ya ya.. kita emang baru bisa mimpi untuk hal-hal itu😦

    chic

    15 Juli 2008 at 21:14

  4. namanya juga prinsip ekonomi, ADA UANG ADA BARANG. pendidikan gratis itu impossible mas, kecuali kalo skula gak pake gedung, gak pake buku…hehehe

    madreamer

    15 Juli 2008 at 23:23

  5. di sini mas http://sekolahinsanteladan.wordpress.com/
    Gratis bukan murahan, murah bukan gratisan.
    it’s not impossible, masih ada sinar di ufuk barat.

    namakuananda

    16 Juli 2008 at 02:21

  6. selalu ada jalan menuju “kaya”

    prinsip nya jadi bahaya kalau diterapkan di dunia pendidikan

    arifrahmanlubis

    16 Juli 2008 at 10:44

  7. eh jadi gitu…?? katanye gratis… gratis dari hongkong??? beuhhh… ngakalin kita kalo gitu mah…

    carra

    16 Juli 2008 at 11:28

  8. sekolah gratis..
    hmm maksudnya nyari beasiswa aja kali yaa..🙂 uang buku juga ditanggung, hehe..

    yu2n

    16 Juli 2008 at 12:02

  9. sekolahnya emang gratis, tapi tiap bulan bayar les renang Rp25.000, sumbangan sukarela Rp150.000

    tukangobatbersahaja

    16 Juli 2008 at 12:44

  10. hehehe… yg pinter ya pebisnis sekolah itu….. biasa aja cari duit dari murid2…. tega-teganya…..

    kucingkeren

    16 Juli 2008 at 12:58

  11. Harusnya langsung bilang yang gratis sppnya aja….. Tapi dihajar habis lewat bulu dll ya. Untung disini spp,kecuali buku, ditanggung perusahaan jadinya gak brasa,😀

    Rita

    16 Juli 2008 at 14:31

  12. Maksudnya dihajar habis lewat buku, bukan bulu hehe.. maklum HE mas😀

    Rita

    16 Juli 2008 at 14:32

  13. hehhee. iya nih mas…
    SPPnya gratis, tapi ternyata banyak yang harus dibayar juga (les lah, buku lah.. apa lah..)

    klo ttg buku sih (termasuk buku kumpulan soal2 latihan), itu udah jadi hak sekolahnya buat nentuin kebijakannya mas. Biasanya emang ada semacam “deal” gitu antara pihak sekolah dg penerbit buku…

    Yaah, itu wajah pendidikan negeri kita mas… emang harus diperbaiki mental dan kualitasnya.

    Salam semangat…! ^_^

    dhedhi

    16 Juli 2008 at 14:48

  14. muahaal pak bukan mahaaul:mrgreen:
    jaman sekarang sekolahpun cari untung, dari mulai guru sampe kepala sekolah.. apalagi yg namanya murid baru, wah.. bisa diperas habis2an tuh..

    gunawanwe

    16 Juli 2008 at 15:04

  15. @ulan: yg gratis napas doang, tp da bgt sehat. polusi

    @indra1082 : bukan rahasia, tp aib umum

    @chic: betul chic, baru mimpi. ya mimpi itu yg gratis

    @madreamer: yg berprinsip, yg punya duit, yg kuasa

    @namakuananda: hrs ada harapan, buat alasan tuk maju

    @arifrahmanlubis: menjadi kaya itu bisa dicapai, kalo sekolah pinter dan punya kerjaan bagus tapi buat nyampe jadi pinter ternyata sekolahnya mahal. setimpal nggak?

    @carra: kejauhan kalo hongkong,…

    @yu2n: itu solusi yg cerdas, beasiswa. birokrasinya itu lho…..

    @tukangobatbersahaja: kurang tuh, biaya les komputer, kalo gak bayar, anak murid diintimidasi. huuuh….

    @kucingkeren: sekolah bukan untuk bisnis, tp menciptakan orang pinter bisnis itu mungkin lebih pas.

    @Rita: wah enak tuh…, tp gak semua orang punya kesempatan kayak mbak Rita.

    @dhedi: ‘deal’ itu bikin kepala sekolah kaya, dan siswa jadi sengsara

    @gunawanwe: muahaal itu kata Ruben+Ivan Gunawan, tp mahaaaul itu kalau diucapin pake logat Tegal, Brebes, Pemalang, Banyumas dskt. Maaf buat orang2 yg berasal dari daerah yg disebutin tadi.

    antokoe

    16 Juli 2008 at 16:17

  16. salam
    Hmm namanya gratisan terselubung kali😀 duh hari gini, mana ada sekolah gratis khusunya di Pulau Jawa…coba kayak di Germany ya katanya gratis, tapi life costnya juga aga nahan. jadi sami mawon deh

    nenyok

    16 Juli 2008 at 17:32

  17. heran, kampanye sekarang kok masih jualan “sekolah gratis”, masih ngaku2 dekat sama rakyat, kenapa dekat sama rakyat kok baru sekarang pas kampanye?

    wier

    16 Juli 2008 at 17:41

  18. Sekolah gratis untuk masa sekarang hanya khayalan. Mudah2an setelah dapet pemimpin baru di 2009 bisa jadi kenyataan😀

    Adieska

    16 Juli 2008 at 17:41

  19. Ada Apa gerangan?😀

    achoey sang khilaf

    16 Juli 2008 at 18:05

  20. ditagih aja…
    ni sy mau tagih janji Gubernur sulsel sy, dulu pas kampanye di TV bilangnya pendidikan dan kesehatan gratis…😀

    aRuL

    16 Juli 2008 at 18:43

  21. Menganggap bahwa rakyat kebanyakan semua pada bodoh, sehingga jargon “gratis” dianggap bener-bener gratis… he he he…
    AKhirnya, kecele…

    Harjo

    16 Juli 2008 at 19:01

  22. Nah sudah tiba musimnya berdusta,……. mari kita arif menyikapi sgala wujud janji2 palsu yg mlenakan

    avartara

    16 Juli 2008 at 21:31

  23. klo mahal namanya bukan sekolah gratis tapi sekolah mahal (ya iya lah,, masa ya iya dong!!)

    t4rum4

    17 Juli 2008 at 10:47

  24. Sekolah mahal, Korupsi, Sinetron dimana mana, Harga pada naek semua, Lapangan kerja minim, Infrastruktur transportasi kacau,,,,should i say more ?

    kalau mau masalah yang gw sebutin diatas ilang or at least berkurang, solusinya hanya satu, simple aja : SEKOLAH GRATIS !

    ya tho ? ya kan? ya deh !
    🙂

    Supermance

    18 Juli 2008 at 07:33

  25. Wah mas kata hanya tinggal kata, dan janji hanya tinggal janji

    Laporan

    18 Juli 2008 at 14:55

  26. makanya, belajar yang rajin, jadi uang yang terbuang itu jadi ilmu, bukan jadi sampah🙂

    neng fey

    19 Juli 2008 at 22:38

  27. hare geneeee ???

    bilangnya gratis padahalll

    yaaa begitulahhhh😦

    *pengalaman nyata yang dilihat*😦

    Menik

    21 Juli 2008 at 22:58

  28. hoh? saya aja yg mau kuliah bingung..
    kuliah lebih mahal bookk…

    hik hik

    nana

    22 Juli 2008 at 20:53

  29. kalo gratis gurunya makan apa? yang punya gaji aja pengen lebih gimana yang ga punya gaji

    koesnia

    24 Juli 2008 at 10:19

  30. Akal-akalan peserta kampanye… selalu khas dengan janji-janji manis di awal. manis… manisss… maniss lama-lama muak juga toh? Tapi saya tetap berharap suatu saat nanti sekolah benar2 100% gratisss tisss tisss tisss… amien.

    japspress

    26 Juli 2008 at 10:16

  31. sekolah gratis ya….
    masih dalam impian semu.
    semoga tidak semakin banyak lagi yang jadi korban dari ganasnya biaya pendidikan.
    ya Allah, selamatkan generasi bangsa ini dari keterbelakangan intelektual.

    ahsinmuslim

    26 Juli 2008 at 14:26

  32. gratis sekolah…??? kayanya masih jauh deh terwujudnya…mungkin klo pejabat-pejabat sekarang inget ma wong cilik baru…terwujud

    susilo

    26 Juli 2008 at 14:47

  33. hhhmmm…..
    jadi inget baca kompas beberapa hari lalu yang mbahas tentang sekolah..

    gile.. pendidikan emang mahal bgt..
    padahal dari kapan tahun, pemerintah dan antek2nya berkoar-koar tentnag sekolah gratis.. tu guberbur2 juga di hadang aja..😆

    *presty lagi g jelas(kapan jelasnyaaa???!!!😳 )*

    presty larasati

    27 Juli 2008 at 11:02

  34. btw, tapi di banyumas dah ada, loh.. sekolah yang ndaftarnya cuma pake sabit, sapu lidi, cangkul, n bayar 25rb perak. itupun sukarela.. saluth deh buat banyumas..

    terus maju!!!:mrgreen:

    presty larasati

    27 Juli 2008 at 11:04

  35. ah…
    recent comment-nya dah penuh ma avatar presty..:mrgreen:

    pulang dulu, pamiiit..😆

    recent comment

    presty larasati

    27 Juli 2008 at 11:36

  36. Bagi saya gak usah gratis tapi gak mahal (kalo blg murah yg kayak apa lagi, entar didebat lagi, diplintir2 oleh oknum sekolah ato diknas), tentu untuk ukuran orang rata2, jgn ukurn org kaya, misalnya penghasilan 3 – 5jt/bln dg anak 2, itu ukuran rata2. Yg bikin keberatan bukan spp semata, tapi uang pangkal, apapun namanya, yg dibayar di awal masuk, uang daftar ulang, dan spp cobalah dibuat yg masuk akal untuk org2 kebanyakan, jgn org kaya acuannya. Kaya itu kalo penghasilan >10jt. Nah utk org miskin perlu gratis total. Tapi jg jgn ngada2, gratis uang pangkal, uang daftar ulang, dan spp sdh cukup, jangan minta pulabeliin baju seragam, buku tulis, kaos kaki, tas, sepatu, ya itu keterlaluan. Tapi sekolah juga jgn lagi mengkoordinir beli baju seragam, buku, dll demi cari seseran, kan kata mendiknas guru2 sudah naik gajinya 3x gaji PNS, ada tunjangan sertifikasi, bahkan untuk guru swsta bonafid yg sudah kaya bertambah kaya lagi. Juga tersedia beasiswa untuk guru ke s2 dan s3 yg amat mudah, sdh ada mou antara dinkas dan depag dg PTN2 ternama, mudah dapatnya, pasti diterima, kuliah dan dijamin lulus tepat waktu, semua ditanggung APBN. Coba tanya ke PGRI, itu kerja keras mereka untuk memberikan faktor 3X pada guru yang PNS luarbiasa, kalo yg lain kan cuma PNS biasa. Kurang apa lagi, jd gak layak lah kalo sudah kaya masih kurang kaya dan masih meres ortu siswa. Pendidikan bermutu mestinya hak setiap anak, apakah dia kaya ato miskin, gak boleh dibeda2in, mesti ada standar mutu yang merata di seluruh NKRI, tanpa diskriminasi. Meski kaya, dia berhak dapat harga yg sama karena si kaya sudah bayar pajak lebih banyak dari yg miskin, juga untuk gak membuat perbedaan bagi anak, yg kaya ortunya, anaknya mesti merasakan jadi org biasa di sekolah, gak boleh beda, karena itu harus distandarkan. Soal anak org kaya les lagi di rumah, ato beli buku di luar buku standar, ya itu keuntungan dilahirkan sbg anak org kaya, tapi di sekolah semua perlakuan mesti sama.

    reza pahlevi

    14 Juli 2009 at 16:42


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: